18 Lulusan SMK TJP Tuban Diterima Tiga PTN Ini Lewat Jalur Prestasi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Para lulusan SMK di Kabupaten Tuban tak kalah mentereng dengan lulusan SMA. Sebab, mereka memiliki daya saing untuk menembus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Minggu (2/4/2023). 

SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban, tahun ini 18 lulusannya mampu menembus PTN. Tiga kampus yang menerima lulusan SMK TJP Tuban yaitu, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan Universitas Negeri Malang (UM). 

Kepala SMK TJP Tuban Bambang Kusdiyanto dalam keterangannya, mengatakan bahwa lulusan tahun ini yang diterima di PTN lebih banyak. Dibandingkan tahun sebelumnya, hanya lima lulusan SMK TJP Tuban yang tembus PTN lewat jalur prestasi. 

"Alhamdulillah tujuh siswa kami diterima di Unesa, enam siswa di Polinema, dan lima siswa di UM. Kenaikannya hampir 4 kali lipatnya," ujar Bambang Kusdiyanto. 

Dia juga menyemangati para anak didiknya untuk optimis menembus PTN lewat jalur selain prestasi. Kesempatan lulusan SMK TJP Tuban masuk PTN masih terbuka lebar. 

Waka Humas SMK TJP Tuban Achmad Chairul Mizan, menambahkan, melalui tim bimbingan konseling (BK), SMK TJP konsisten mendampingi siswa-siswinya dalam menentutkan minat karir pascalulus: apakah langsung bekerja atau melanjutkan kuliah. 

Di bidang kebekerjaan, terang Mizan, 60 persen lebih lulusan SMK TJP langsung diterima kerja di berbagai perusahaan, baik skala regional maupun nasional. Sebagian memutuskan untuk berwirausaha dan meniti kesuksesannya. 

"SMK TJP berkomitmen mencetak lulusan sesuai minat karir yang diinginkan,’’ tegasnya. 

Selain sukses mencetak lulusan siap kerja dan mengantarkan banyak siswanya masuk PTN. Siswa-siswa juga mengukir banyak prestasi di bidang kejuaraan. Terbaru, ada juga siswa akan berlaga lomba kompetensi siswa LKS di jember tingkat jawa Timur sebanyak 12 siswa yang akan berlaga di Lomba LKS tersebut. 

Salah satunya konsisten mengukir juara lomba kompetensi siswa (LKS). Tahun ini sebanyak 12 siswa siap berkompetisi di ajang bergengsi tingkat provinsi yang rencanakan digelar di Jember. 

Pada 2022 lalu, siswa SMK TJP Tuban atas nama Nuril Anam berhasil meraih juara 1 tingkat nasional bidang lomba plastic die engineering.

Mizan menginformasikan penerimaan peserta didik baru kembali dibuka. Gelombang pertama dimulai 20 Februari-29 April. Selanjutnya, gelombang dua dimulai 9 Mei-8 Juli 2023. 

"Pendaftaran gelombang satu diskon 50 persen untuk pembayaran uang pembangunan," tutupnya. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS