Rujak Rumput Laut Khas Tuban Rasanya Bikin Ngiler

Reporter : Fahril Elly

blokTuban.com - Pecinta rujak, apabila melancong ke Kabupaten Tuban wajib mencicipi rujak rumput laut khas pesisir yang biasa dijuluki "Rujak Engos-engos".

Rujak tersebut mudah ditemukan lokasinya di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tepatnya di utara jalan raya Dandeles sebelah timur pertigaan Rembes. 

Mbak Ida penjual rujak rumput laut mengaku, kurang lebih sudah berjualan sejak tahun 2009 silam. Keunikan rujak buah tersebut yakni terdapat campuran rumput laut yang menarik pembeli untuk mencobanya. 

Jenis rumput laut yang di gunakan bukanlah rumput laut yang biasa digunakan untuk campuran es, namun rumput laut ini berbeda jenisnya. 

"Teksturnya lebih lembut dan ringan tetapi juga renyah untuk dimakan dengan bumbu rujak," kata Ida kepada blokTuban.com, Kamis (7/4/2022). 

Rujak rumput laut itu, lanjut Ida disajikan dengan bumbu rujak petis khas Tuban ditambah irisan buah seperti nanas, timun, bengkuang, blimbing, gedondong dan pepaya muda. 

Bagi yang ingin mencobanya, rujak mbak Ida mulai buka pukul 10.00 Wib sampai 22.00 Wib. Setiap harinya, perempuan ramah itu menghabiskan satu hingga dua kilogram rumput laut segar. 

"Biasanya pembeli dari daerah Tuban, kadang juga dari Lamongan atau Bojonegoro," imbuhnya.

Harga yang satu porsi rujak tersebut sangat ramah di kantong yakni Rp. 5.000. Tak hanya enak dan gurih, pembeli juga bisa request tingkat kepedasan rujak tersebut sesuai selera. [Fhel/Ali]