Menengok Aktivitas Mariani, Janda Pencari Rumput Laut

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Dari bibir pantai Jalan Raya Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tampak sesosok wanita yang telah berusia lanjut sedang berendam di pantai. Dengan memakai topi dari bambu berwarna hijau, sesekali nenek tersebut berdiri dari rendaman air laut.

Meski terik matahari saat itu sedang panas, namun tidak menghentikan langkah nenek tersebut untuk kembali pulang sebelum kantong plastik berwarna ungu yang dibawanya terisi penuh dengan rumput laut.

Iya, dia adalah Mariani nenek berusia 70 tahun warga Desa Kradenan, Kecamatan Palang yang setiap hari di musim-musim tertentu selalu mengais rezeki dengan mencari rumput laut.

Saat ditemui blokTuban.com, nenek yang telah ditinggal meninggal suaminya tersebut mengaku setiap hari apabila musim kemarau ia selalu mencari rumput laut untuk dijual ke pasar atau ke pengepul.

“Sudah ada sekitar 20 tahun lebih setiap musim panas saya mencari rumput laut, untuk penghasilan setiap hari,” kata Mariani kepada blokTuban.com sambil menunjukkan rumput laut yang layak untuk dijual.

Nenek 11 cucu itu mengungkapkan, dalam sehari ia berangkat dari rumah sekitar pukul 08.00 pagi, hingga pukul 11.30 WIB terkadang telah menghasil sebanyak 11-12 kilogram rumput laut.

“Terkadang kalau rumput lautnya banyak, belum sampai dhuhur saya sudah mendapatkan 11 kilogram, tapi terkadang mulai pagi dan setelah dhuhur saya balik lagi dapatnya ya 11-12 kilo itu,” kata nenek tersebut.

Mariani mengaku, setiap 12 atau kilogram atau rumput yang diperoleh dalam sehari tersebut dia menjualnya di pasar dengan harga Rp100.000, namun sebelum dibawa ke pasar terlebih dahulu rumput laut direbus.[hud/col]