Kemenag Tuban Berikan Beasiswa Bagi Siswa Miskin dan Yatim-Piatu.

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban, melalui UPZ Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban memberikan santuan berupa bantuan beasiswa bagi siswa dan siswi miskin yatim atau pun piatu. 

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM, mengatakan

penerima beasiswa dari BAZNAS melalui UPZ Kemenag Tuban untuk siswa madrasah. Dana tersebut diperoleh dari dana zakat profesi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag setiap bulannya.

Untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 60 siswa, setiap siswa menerima Rp450 ribu dan siswa  Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 55 siswa, setiap siswa mendapatkan  Rp750 ribu. Bantuan beasiswa itu diberikan secara simbolis kepada 5 orang siswa secara simbolis di Aula kantor Kemenag Tuban. 

"Adapun data siswa miskin dan yatim itu kami dapat dari Kasi Pendidikan Madrasah," ungkap Sahid, Selasa (17/9/2019).

Sementara itu Penyelenggara Syariah, Mashari mengatakan, program beasiswa siswa yatim dan siswa miskin adalah program pemberian santunan pendidikan kepada anak yatim, mengingat masih banyak anak-anak yatim dhuafa di lingkungan Kemenag Tuban yang jarang tersentuh oleh lembaga pemberi beasiswa. 

"Meskipun sebagian madrasah sudah banyak yang gratis tetapi biaya pembelian buku dan seragam serta uang saku siswa masih menjadi masalah yang serius bagi anak-anak yatim," ungkap Mashari. 

Ia menambahkan, generasi yang cerdas, terdidik, pintar, terampil mungkin menjadi dambaan kita semua, namun harapan itu saat ini mungkin agak sulit dijangkau oleh kalangan ekonomi menengah ke bawah dikarenakan makin tingginya biaya hidup dan pendidikan.

"Sehingga tidak sedikit dari saudara-saudara kita yang saat ini mengalami putus sekolah, tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan sebagainya,"tandasnya. [nid/col]