BPBD Tuban Bakal Gagas Destana Jegulo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai bahan pertimbangan mengenai antisipasi bencana sekitar lokasi perusahaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban bakal gagas pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Jegulo, Kecamatan Soko.

Hal tersebut dibeberkan BPBD Tuban, melalui tim Jitupasna saat melakuakan kroscek assessment pasca mendapat laporan tanah sliding di lingkungan rumah warga sekitar proyek Pertamina Hulu Energi Senin (25/6/2019).

"Nanti bisa kerjasama dengan pihak perusahaan. Simulasi apabila terjadi kegagalan teknologi, masyarakat harus bertindak kayak gini, dari perusahaan bertindak kayak gini, nanti kita sosialisasikan," ujar Tim Jitupasna BPBD Tuban, Frendi Setiawan saat memaparkan gambaran simulasi kepada pihak perusahaan.

Selanjutnya, mengingat Desa Jegulo belum punya Destana, Frendi yang datang bersama tim akan merumuskan bentuk pembinaan Destana desa Jegulo.

Terkait pembinaan Destana, sebelumnya di Kecamatan Widang juga telah dilakukan sosialisasi berikut pembinaan. Sebab kawasan tersebut masih termasuk area terdampak banjir luapan Bengawan Solo.

Sementara di Kecamatan Soko, Destana juga kerap disosialisasikan berkali kali. Bahkan, pernah simulasi bencana dilakukan melalui kerjasama Pertamina, dengan skema antisipasi apabila terjadi kegagalan teknologi.

"Saat terjadi bencana, satu desa dievakuasi di lapangan Soko saat itu. Juga sama pihak Koramil, soalnya terdekat. Nanti juga di Jegulo juga kita hubungan dengan Koramil dan perusahaan," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/ito]