Panen Kayu Putih dan Tanam Jagung di Musim Penghujan
Reporter: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Tanaman kayu putih milik  Perhutani Tuban yang terbentang di sekitar wilayah lahan hutan Desa Jadi, Kecamatan Semanding telah memasuki musim panen. Proses tersebut juga menjadi tanda peralihan tanam oleh petani pengelola lahan Perhutani.
 
Dari pantauan lapangan tim, nampak pepohonan Kayu Putih telah ditebas setengah badan. Daun beserta ranting kecil Kayu Putih dipotong menggunakan parang, kemudian dikumpulkan untuk diangkut oleh kendaraan.
 
"Setahun sekali Kayu Putih ini panen. Habis ditebangi rantingnya, kita olah lahan dan tanam Jagung," kata petani pengelola lahan Perhutani, Sugio kepada blokTuban.com, Senin (19/11/2018).
 
Warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding itu menambahkan, semua pengelola lahan Perhutani yang notabennya berasal dari berbagai wilayah disana telah 2 hari ini melakukan proses panen.
 
Sebagai pengelola, para petani memiliki tugas untuk merawat lahan berikut melakukan upaya panen ke Perhutani. Selebihnya, disela lahan kosong antara Kayu Putih tersebutlah yang jadi media tanam jagung.
 
"Memang sudah waktu panen, sesudah itu sibuk rawat tanaman jagung. Ini tinggal nunggu hasil panen untuk disetor ke Mojokerto," pungkasnya. [feb/ito].