Ini Rentetan Peringatan HSN di Tuban yang Digagas GP Ansor

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kisaran 3000 orang yang terdiri dari Santri, Kiai, dan Ulama di Kabupaten Tuban menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di alun-alun Tuban, Senin (22/10/2018) sore.

Kegiatan tersebut mengawali sederet acara yang digagas oleh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Tuban. Sebab selain acara upacara masih ada kegiatan penting lainnya yang akan melibatkan ribuan santri.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein ditunjuk sebagai pemimpin upacara HSN di Bumi Wali Tuban ini. Ia menilai, peringatan HSN yang ke3 ini sebagai bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan.

"Kiprah santri teruji dalam mengokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman," ucapnya menirukan pidato Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA.

Mantan ketua PCNU Tuban itu berharap, momentum HSN 2018 ini dijadikan sebagai pijakan bergerak untuk menguatkan wawasan kebangsaan yang berlandaskan keagamaan. Spirit Nasionalisme perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme.

"Islam harus berjalan beriringan dengan paham kebangsaan, sebab mencinta agama mustahil tanpa berpijak di aras tanah air," ucapnya lagi dengan menyemangati para hadirin.

Selain itu tampak hadir ratusan Banser, Camat, Kapolsek, dan Danramil Se-Kabupaten Tuban. Aparatur Sipil, Keamanan dan Pertahan tersebut juga berseragam dinas lengkap dan berpeci.

Diketahui, kegiatan yang diinisiasi GP Ansor Tuban ini akan digelar dengan beberapa rangakaian lainnya. Acara yang dimulai pada 22 Oktober akan disambung lagi dengan kegiatan pada 30 Oktober 2018.

Setelah upacara, pada hari Selasa (30/10/2018) akan digelar pelatihan Kapasitas Management santri di gedung Korpri Tuban. Kegiatan ini akan melibatkan sekitar 80 santri.

"Pelatihan ini akan dilaksanakan pagi sekitar pukul 08.00 wib, dan malamnya dilanjutkan istighosah kubro di Pendopo Kridho Manunggal dengan melibatkan 1500 santri," terang ketua PC GP Ansor Tuban, Syafiq Syauqi.

Peringatan HSN 2018 ini oleh GP Ansor Tuban diperingati untuk meneladani jasa para Santri dan Ulama dalam perjuangan kemerdekaan Negeri ini. Sehingga santri di era milenial ini ikut berperan aktif dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). [rof/ito]