Kirab di Tuban Libatkan Belasan Nelayan Lokal

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kirab Satu Negeri Gerakan Pemuda Ansor tiba di Kabupaten Tuban. Kirab ini membawa 17 bendera merah putih dari 5 daerah terluar Indonesia dengan misi membawa satu rasa, persatuan dan kesatuan NKRI, dan mempertahankan Indonesia dari faham yang akan merusak persatuan.

Di Bumi Wali, rombongan akan melakukan Arung Samudra bersama Ansor dan Banser dari Pimpinan Cabang (PC) Tuban. Setelah itu rombongan akan lanjut ke Propinsi Jawa Tengah dan akan diterima oleh PC Rembang.

"Kirab Arung Samudra di Tuban kita berangkat dari Pantai Boom menuju Pantai Wisata Kapal Kandas Desa Socorejo, Jenu, Tuban," ujar ketua PC GP Ansor Tuban, Syafiq Syauqi, Senin (15/10/2018).

Pantauan di lapangan, Kirab Arung Samudra Tuban ini melibatkan delapan belas nelayan lokal. Sebelum dilepas, pasukan kirab terlebih dahulu menggelar apel di pantai Boom.

Setelah itu 17 bendera itu dibawa mengelilingi laut utara Tuban sebelum menuju perbatasan Jawa Timur - Jawa Tengah.

Seorang Nelayan asal Socorejo, Sarmin mengaku senang ikut terlibat kegiatan Kirab Satu Negeri ini. Ia berharap, naelayan ikut mendapat berkah dari acara yang puncaknya akan digelar di Jogjakarta itu.

"Semoga kita mendapat berkah, terhindar dari bahaya, dan selamat dari bencana seperti saudara-saudara kita di daerah lain," tandasnya. [rof/ito]