Punya Rasa Khas, Tembakau Tuban Diminati Luar Daerah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban, Murtadji, mengaku jika jenis tembakau yang ditanam sebagian petani di Tuban, ternyata dibutuhkan oleh penggila rokok di berbagai daerah di Indonesia, seperti Madura, Pekalongan dan Bojonegoro.

Tembakau yang memiliki cita rasa dan aroma khas ini mempunyai keistimewaan tersendiri. "Kalau tembakau yang dihasilkan oleh petani Tuban, sangat bagus," katanya Murtadji.

Menurutnya, dengan kualitas ini para petani diminta untuk tetap mempertahankannya, guna untuk mempertahankan kualitasnya DPKP terus berupaya memberikan bimbingan dan pengawasan secara terus bagi para petani.

Bahkan jika petani merasa kesulitan dalam mencari air baku untuk dibuat penyiram tanaman tembakau, maka akan disediakan pompa seperti di daerah Soko dan lainnya.

"Kita tinjau petani tembakau menyiram tanamannya masih mengunakan alat manual, setelah kita tanya dan kami tawarkan alat mereka justru tidak mau karena dianggap dengan cara manual lebih baik hasilnya," katanya.

Di musim kemarau ini, menurut dia, tidak ada dampak yang signifikan bagi para petani. Khusus petani yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo. Musim kemarau justru dimanfaatkan mereka untuk mengawali masa tanam, karena mereka mengandalkan air dari saluran irigasi yang dibangun oleh pemerintah. [hud/col]