BMKG Prediksi Minggu Depan Masuk Musim Kemarau

Reporter: Khoirul Huda

 blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Kabupaten Tuban datang di Minggu ketiga bulan April 2018.

"Berdasarkan info dari BMKG, Tuban masuk dasar ketiga yaitu, tanda-tanda musim kemarau sudah terjadi mulai minggu pertama April dan minggu depan diprediksi sudah masuk musim kemarau," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono saat ditemui blokTuban.com di kantornya, Senin (16/4/2018).

Lebih lanjut Joko mengatakan, dimusim kali ini dampak dari fenomena perubahan iklim secara global atau Elnino masih sangat kecil. Sehingga kalaupun nanti ada dampak Elnino akan diinformasikan lebih lanjut.

Joko juga menjelaskan, bahwa sebelum masuk dimusim kemarau terlebih dahulu akan terjadi musim pancaroba seperti contoh, terjadi hujan lalu panas, hujan lalu panas.

Selain itu, kata Joko puncak musim kemarau diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus mendatang. "Puncak kemarau diprediksi bulan Agustus," tandasnya.

Diharapkan, musim ini tidak terjadi musim kemarau panjang seperti tahun-tahun sebelumnya.[hud/col]