Ha! DAPM UPK Bangilan Capai Rp5,2 Miliar?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sejak 2014 Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) telah berakhir, sehingga berubah istilah menjadi eks PNPM. Namun dananya terus begulir hingga saat ini, yang ditangani oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK).

Bahkan kekayaan yang saat ini disebut Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) itu berjumlah miliaran rupiah. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, perkembangan uang tersebut cukup masif.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com di tahun anggaran 2016, dana bergulir yang dikelola UPK Mandiri Sejahtera Kecamatan Bangilan mencapai Rp5 miliar. Saat tutup buku tahun 2017, jumlahnya naik menjadi Rp5,2 miliar.

Padahal dana yang berasal dari aset kepengurusan lama hanya berjumlah Rp2,2 miliar. "Tahun ini sudah mencapai Rp5,2 miliar, semoga semakin tahun semakin meningkat," penuturan Sufyan saat ditemui blokTuban.com di wilayah Bangilan, Kamis (22/3/2018).

Sufyan sapaan akrab Ach. Sufyan lebih lanjut berharap, eks PNPM Mandiri Pedesaan yang saat ini dikelolanya bisa tetap memberikan kontribusi dalam penanggulangan kemiskinan, meskipun secara nasional program itu sudah dihentikan. Seperti diketahui sebelumnya, eks PNPM ketika tutup buku 2017, telah menyerahkan bantuan sosial yang totalnya mencapai Rp55,641 juta.

"Target kami ke depan semoga bisa mencapai Rp100 juta, surplus dana sosialnya," tegas Sufyan. [rof/col]