Biaya Pengobatan Korban Keracunan Ditanggung Pemkab

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menanggung semua biaya pengobatan korban keracunan yang menimpa puluhan balita di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

"Biaya pengobatan semua kita tanggung melalui dana APBD baik yang dirawat di RSUD, Puskesmas dan di RS Medika," terang Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein saat mengunjungi korban keracunan di RSUD Dr. Koesma Tuban, Selasa (13/3/2018).

[Baca juga:  Wabup: Indikasi Keracunan Masal Balita di Palang Karena Bakteri ]

Menurut wabup, pasca kejadian ini pihaknya akan melakukan evaluasi, tentunya evaluasi tersebut setelah pihaknya menerima laporan dari hasil lab terkait apa penyebab keracunan tersebut.

"Semua akan kita evaluasi termasuk PKK, karena PKK ini kan yang membantu kita dalam program sosialisasi gerakan posyandu," tambahnya.

Lebih lanjut, wabup berharap mudah-mudahan ini adalah kejadian yang terakhir terlebih ini dalam kegiatan posyandu yang seharusnya menjadi contoh makanan sehat.

Diketahui, sebanyak 22 balita di Desa Gesikharjo megalami keracunan makanan setelah mengikuti kegiatan posyandu, dari 22 balita tersebut 16 balita diantaranya dirawat di RSUD dr. Koesma Tuban dan 3 balita sudah dibawa pulang.[hud/ito]