Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peningkatan sarana prasarana, serta pembangunan jalan raya di Kecamatan Soko terbilang cukup memadai dibanding daerah Kecamatan lainnya. Khususnya pembuatan jalan. Jalan raya, hingga jalan kecil menuju gang pedesaan hampir semua teratasi.

Namun di balik pembangunan yang ada itu, terdapat evaluasi bagi penyelenggara dan pemerintah terkait, tentang daya tahan usia jalan serta kualitas pembangunan.

Menurut Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto, pembangunan yang ada di setiap wilayah desa harus sesuai dengan perencanaan yang matang, tepat, dan, akurat. Sehingga tak ada lagi timbul pertanyaan tentang bagaimana prosedur, dana, hingga hasil pembangunan yang memiliki kualitas memadai dari pada proses pembangunan itu sendiri.

"Harus sesuai perencanaan. Alhamdulillah, itu sudah terlaksana. Kalaupun ada kekurangan itu lumrah. Jalan rusak karena bencana, ada yang belum tercover karena harus sesuai anggaran yang ada," paparnya kepada blokTuban.com.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa kualitas pembangunan juga perlu ditingkatkan, bukan hanya segi perencanaan saja yang penting.

"Yang perlu ditingkatkan kualitasnya. bukan berarti pekerjaannya, namun kualitas pembangunannya. Misal, pembangunan jalan dengan hot mix masih kurang, harus ditingkatkan dengan cor," pungkasnya. [feb/ito]