Kadisdukcapil Baru, Bupati Target Layanan e-KTP Praktis

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Pasca dilantik dan dilakukan pengambilan sumpah Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban yang baru, Bupati Tuban H. Fathul Huda berharap, pelayanan e-KTP di Bumi Wali lebih praktis.

“Ditargetkan Kadisdukcapil yang baru ini bisa memberikan pelayanan terkait e-KTP dengan lebih praktis dan bisa dilakukan di semua kecamatan,” ujar Bupati Tuban, usai pelantikan beberarapa pejabat eselon III dan IV.

Lebih lanjut, bupati kelahiran Kecamatan Montong tersebut menjelaskan, sebelum Kadisduscapil diganti, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) terlebih dahulu. “Kita usulkan 3 nama ke Kemendagri dan setelah turun baru kita ganti,” ucapnya.

Dari pengakuan bupati, pengganti Kadisdukcapil ini merupakan pilihan subjektif bupati, siapa yang mampu dan tidak ada kriteria-kriteria khusus melainkan dipilih secara wajar atau normatif.

Diketahui, sesuai dengan keputusan Mendagri Nomor: 821.22/166 tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tuban.

Dalam keputusan tersebut Mendagri memutuskan memberhentikan dengan hormat saudara Joni Martoyo dari jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kadisdukcapil Tuban sejak memasuki batas usia pensiun, selanjutnya mengangkat saudara Agus Priyono Hadi kedalam jabatan Kadisdukcapil Kabupaten Tuban. [hud/rom]