Support Semangat Pemuda, Harapkan Kemajuan Desa

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pada awal tahun 2018 ini, sejumlah potensi alam dan wisata di Kecamatan Rengel sedang marak digalakkan. Perombakan tata letak, serta pengembangan sarana prasarana jadi sasaran utama perbaikan para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Salah satunya adalah Pokdarwis Desa Maibit, Kecamatan Rengel ini. Bermula saat munculnya kesadaran pemuda setempat, bahwa desa yang memiliki potensi utama sumber air Sendang Maibit dan Bumi perkemahannya itu tak melulu dipandang sebelah mata.

Letak geografis pada kaki perbukitan kapur, bisa dimanfaatkan lebih dari sekedar bumi perkemahan saja. Wahana wisata alam yang mendukung, bisa jadi pemikat khusus bagi para pengunjung.

"Kita sadari, bahwa semangat pemuda dalam membangun dan meningkatkan kualitas desa sangatlah besar. Hal positif, tentu akan kita dukung dan kita turuti," papar Kepala Desa (Kades) Maibit, Ahmad Ali kepada blokTuban.com, Minggu (18/2/2018).

Sambil bersantai di tower wahana flying fox yang masih satu lokasi dengan Sendang Maibit, dia juga menceritakan kegigihan masyarakat mudanya itu.

Mengingat kekompakan pemuda, gotong royong bersama masyarakat membersihkan lokasi Sendang, kemudian menghias dengan aksesoris quot dari papan kayu bekas, hingga memberi sentuhan warna meriah pada sendang yang sebelumnya berbalut monokrom.

"Rencana ke depan kita sangat besar. Gagasan dan respon pemuda semakin antusias. Seperti penambahan wahana ini, perahu karet itu pun sementara pakai uang mereka. Secara swadaya," ringkas Kades.

Memang, swadaya pemuda setempat dalam mensegerakan hasratnya tak bisa langsung lancar begitu saja. Salah satu pemuda bahkan sampai mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), demi mempercepat laju aksi peningkatan kualitas desanya.

"ADD turunnya masih lumayan lama. Sementara pemuda ingin lekas. Realisasi wahana perahu karet ini juga bentuk swadaya pemuda, meskipun pakai KUR," pungkasnya. [feb/ito]