Warga Terdampak  Enggan Dievakuasi

Reporter: Sri Wiyono


blokTuban.com – Longsor yang mengakibatkan DAM saluran irigasi di Desa Prambontergayang Kecamatan Soko berdampak bagi warga setempat. Tiga kepala keluarga (KK) yang sementara ini menjadi korban longsoran.


Tiga rumah milik tiga KK tersebut sebagian sudah rusak di bagian belakang. Sehingga, pemilik rumah sudah memindahkan barang-barang yang berada di bagian belakang rumah untuk menghindar longsor susulan. Sebab, melihat kondisi di lokasi, sangat mungkin terjadi longsor susulan.


‘’Sementara yang paling rawan terdampak tiga KK. Longsor itu akibat hujan deras yang mengguyur,’’ ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Joko Ludiyono Sabtu (17/3/2018) petang.


Hanya, kata dia, tiga KK yang terdampak dan rawan itu masih enggan untuk dievakuasi. Mereka tetap memilih tinggal di rumahnya. BPBD, lanjut dia, sudah koordinasi dengan banyak poihak. Di lokasi, BPBD juga ketemu dengan Kepala Desa (Kades) setempat dan pemilik rumah yang rawan terdampak.


‘’Dari koordinasi kami, warga tetap memilih tinggal. Kalau mereka bersedia, kami siap mengevakuasi di lokasi yang aman,’’ kataya.[ono]