Pemdes Garap WAG Perlahan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Potensi alam yang dimiliki oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Gununganyar, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, pada daerah dataran tinggi serta lokasi sumber mata air sendang, saat ini sedang dalam perhatian khusus.

Peningkatan mutu dan sarana prasarana Wisata Alam Gununganyar, atau masyarakat umum sering menyebut dengan singkat WAG, dimulai dari jalanan menuju lokasi hingga titik wisata itu sendiri.

Sekretaris Desa (Sekdes) Gununganyar, Siswanto dalam hal ini mengatakan, meski lokasi wisata berbasis alam tersebut telah dirombak oleh pemuda-pemudanya, pihaknya akan mendukung dan meneruskan progres yang ada.

"Terdekat, kita tunggu pencairan dana dari Bumdes untuk pembangunan. Tetap kita tingkatkan terus WAG ini, meskipun perlahan. Di sana juga sudah ada MCK yang baru jadi," kata Sekdes Gununganyar sambil menunjukkan lokasi bangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) dekat sendang itu.

Tak kalah penting dari titik lokasi wisata, sambung Pak Sis sapaan Sekdes baru itu kepada blokTuban.com, akses jalan menuju wisata juga perlu ditangani. Mengingat lagi, kondisi jalan desa, apalagi yang menuju WAG dirasa kurang memadai.

"Saat hujan jalanan bawah menuju lokasi ini dialiri air di kanan-kirinya. Parah, itu juga perlu ditangani untuk menunjang wisata ini," imbuhnya.

Selain itu, Sekdes juga berharap, dalam peningkatan kualitas desa, tak hanya pemuda yang ikut berperan aktif, bekerja bakti merawat tempat yang sebelumnya penuh semak belukar itu.

"Kita maksimalkan saja. Totalitas pemuda perlu, namun alangkah lebih bagus lagi jika kita libatkan seluruh elemen masyarakat desa untuk kerja bersama," pungkasnya. [feb/rom]