Embung Punggur Diproyeksikan Menjadi Lokasi Wisata

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa Banjarworo, Kecamatan Bangilan memproyeksikan 'Embung Punggur' menjadi destinasi wisata alam yang representatif. Embung yang terletak di Dusun Punggur itu diharapkan akan meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan dampak peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Banjarworo, Sumarmo ketika ditemui di blokTuban.com di lokasi embung menerangakan, pusat irigasi petani itu akan disulap menjadi area pemancingan dan wahana permainan anak. Di sekitar lokasi juga akan dilengkapi dengan pusat kuliner.

"Saat ini kami mulai mencari formula untuk rehabilitasi embung, sebab dananya cukup besar," terang Sumarmo di tepi embung, Senin siang (19/2/2018).

Pihaknya berharap, pemerintah bisa membantu untuk mengabulkan cita-cita Desa yang mulia ini. Sedangkan untuk pengelolaan embung tersebut, nantinya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ditambahkan pria humanis itu, untuk tahun ini Pemdes juga telah menyertakan modal untuk mengembangkan wisata senilai Rp40 juta. Modal tersebut rencananya akan digunakan untuk perbaikan infrastruktur dan penambahan bibit ikan.

"Semoga upaya ini bisa menarik wisatawan lokal maupun luar daerah, sehingga tercipta lapangan kerja baru di sektor wisata yang bisa dirasakan langsung masyarakat," pungkasnya. [rof/ito]