Kerajinan Gerabah, Favorit Kunjungan Pelajar

Kontributor: Hafid Saifuddin

blokTuban.com - Industri kerajinan gerabah bukan hanya digunakan untuk tempat produksi, lantaran juga bisa sebagai tempat untuk belajar.

Salah satunya industri gerabah milik Tatik yang berada di RT.03/RW.04 Kelurahan Karang Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Industri yang sudah berdiri selama 10 tahun ini sering dikunjungi oleh para pelajar dari berbagai sekolah, mulai dari jenjang taman kanak-kanak sampai jenjang sekolah menengah atas.

"Biasanya anak-anak yang datang kesini kebanyakan ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan mulai dari yang hanya berbentuk gumpalan tanah liat sampai bisa menjadi berbagai jenis gerabah," ucap Tatik selaku pemilik usaha gerabah ketika ditanya blokTuban.com, Senin (29/1/2018).

"Di sini juga begitu, kadang ada juga kunjungan dari beberapa sekolah, biasanya yang sering itu dari anak-anak TK didampingi gurunya," ucap Hanik yang juga seorang pengrajin gerabah.

Dengan mengetahui dan memahami proses pembuatan gerabah, maka secara tidak langsung para siswa bisa mengambil pengetahuan dari susah dan lelahnya proses pembuatan gerabah. [din/rom]

*Kontributor mahasiswa magang Fisip Unirow di blokTuban.com.