Cita Rasa Godeh Pelu, Kuliner Tradisonal Khas Sandingrowo
 
Kontributor: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Wisata kuliner tradisional khas Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko yang satu ini sepertinya wajib dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Adalah 'Godeh Pelu', yang merupakan nama menu dari singkatan Sego Lodeh Tempe telu yang berarti nasi lodeh tempe tiga.
 
Lokasinya yang berada 10 meter di timur perempatan desa setempat, atau sekitar 2 kilometer dari timur pertigaan patung pasar Soko itu sering ramai dikunjungi masyarakat dari dalam dan luar daerah Tuban.
 
Banyak dari pengunjung mengatakan bahwa kuliner Gudeg Pelu, nasi lodeh dengan lauk tiga tempe itu dikemas dengan dialasi daun jati, mengingatkan pada budaya tempo dulu. Serta sensasi alami daun jati sebagai alasanya yang dapat menambah sedap masakan.
 
"Masakannya enak, sedap dan harganya juga cukup terjangkau," kata Ilham, salah satu pengunjung asal Kecamatan Sumberjo-Bojonegoro kepada blokTuban.com, Jumat (26/1/2018).
 
Dirinya juga sering mampir bersama teman-temannya, usai pulang ketika dari pantai ataupun berkunjung di wisata-wisata yang banyak ditemui di bumi wali Tuban.
 
Godeh Pelu disajikan dengan dua pilihan porsi. Untuk porsi biasa, anda cukup membayar Rp 4000. Sementara untuk porsi jumbo, hanya dipatok Rp 6000 saja. Cukup murah kan?
 
Tak hanya menu makanan saja, warung yang telah berdiri lebih dari 10 tahun itu juga menyediakan berbagai minuman panas dan dingin.
 
Jika anda tertarik untuk mencoba kuliner Godeh Pelu, disarankan untuk berkunjung pada sore hari hingga pukul 20.00 WIB saja. Sebab, jika stok nasi lodeh telah habis, warung bisa tutup sewaktu-waktu.
 
"Buka mulai sore jam 16.00 an, tutup paling lama ya tengah malam sekitar jam 23.30 an. Tapi kalau nasibnya habis bisa tutup sewaktu-waktu," ungkap penjual Godeh Pelu. [feb/ito]