Ingin Uji Kesabaran Diri? Cobalah Buat Gerabah

Kontributor: Hafid Saifuddin

blokTuban.com - Gerabah adalah salah satu kerajinan yang sudah ada sejak lama, bahkan sejak zaman kemerdekaan kerajinan gerabah sudah dibuat, namun saat ini hanya segelintir orang yang tau cara atau proses pembuatan gerabah.

Seperti kerajinan gerabah yang ada di Kelurahan Karang Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini misalnya, yang menjadi salah satu pusat pengrajin gerabah yang ada di Kota Tuban. Berbagai jenis gerabah di buat di sini.

"Mula-mulanya tanah liat dicampur dengan pasir laut, setelah itu direndam selama 1 jam, setelah direndam tanah diayak untuk menghilangkan batu, yang masih menempel di tanah, sehabis proses itu tanah dikumpulkan dan dibentuk, setelah dibentuk maka gerabah dijemur, setelah proses penjemuran gerabah di palu menggunakan palu khusus setelah itu dibakar selama hampir satu hari," ucap Sukarlip (55), pengrajin gerabah ketika ditanya proses pembuatannya.

Hal senada juga diungkapkan Bu Kundi (50), yang juga seorang pengrajin gerabah di Karang. Beliau mengatakan, proses pembuatan gerabah mulai pencampuran tanah liat dan pasir laut hingga pembakaran memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar hasilnya bagus.

"Bagi yang ingin mencoba atau merasakan bagaimana proses pembuatan gerabah, bisa datang ke Kelurahan Karang Kecamatan Semanding, karena di sini cukup banyak pengrajin," jelasnya. [din/rom]

*Kontributor mahasiswa magang Fisip Unirow di blokTuban.com.