Pasca Pelatihan Pemandu Wisata, Pemkab Optimis Tuban Jadi Tujuan Wisata

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca diadakanya pelatihan pemandu wisata terkait pengembangan ecowisata dan adventure oleh Dinas Periwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban bersama Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Pemkab Tuban optimis pengembangan wisata di Tuban, baik wisata religi, wisata alam maupun wisata buatan lebih maksimal. Serta Tuban sebagai tujuan wisata utama di Jawa Timur bisa diwujudkan.

"Setelah diadakan pelatihan pemandu wisata semangat pokdarwis dan pegiat wisata semakin tinggi, untuk bisa mewujudkan tuban sebagai tujuan utama wisata jawa timur," ujar Kabid Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Tuban, Suwanto saat dihubungi blokTuban.com, Sabtu (17/2/2018).

Suwanto menambahkan, pelatihan pemandu wisata tersebut diselenggarakan dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang diikuti sebanyak 80 peserta.

"Dari 80 peserta yang mengikuti pelatihan, yang kami fasilitasi untuk sertifikasi sebagai pemandu ekowisata ada sebanyak 30 orang," tambah Suwanto.

Ke depan diharapkan, setelah adanya para pemandu wisata dan pelaku atau pegiat wisata ini bisa saling mensinergikan strategi promosi dan pengembangan semua wisata di Kabupaten Tuban.

"Semoga ini menjadi awal yang baik untuk mensinergikan semua potensi yang kita miliki," pungkasnya.[hud/col]