Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabupaten Tuban selangkah lagi akan memiliki pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kecamatan Jatirogo. Pos tersebut rencana akan dioperasikan tahun 2018 mendatang.

"Saat ini proses pengisian kantor dan penyiapan tenaga," terang Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat dikonfirmasi blokTuban.com belum lama ini.

Pos BPBD di kecamatan ujung barat Tuban ini, akan menjangkau wilayah Tuban selatan. Sebab, desa-desa di wilayah tersebut sering telat mendapatkan penanganan ketika terjadi bencana.

Pembangunan gedung saat ini dinyatakan selesai tinggal finishing. Di dalam gedung tersebut nantinya juga akan digunakan sebagai pos pemadam kebakaran (Damkar).

"Satu paket pos BPBD sekaligus pos Damkar," imbuh Joko, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, penanganan kebakaran di beberapa kecamatan di Tuban, terutama di Parengan, Singgahan, Senori, Bangilan, Jatirogo dan Kenduruan memang terkendala jarak yang jauh dengan pos Damkar yang ada di wilayah Tuban kota. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mencapai kecamatan-kecamatan itu sehingga sering bencana kebakaran tidak tertangani dengan maksimal.

Dengan adanya pos BPBD di Jatirogo, mantan Camat Grabagan itu berharap bisa menangani kebakaran-kebakaran yang ada di wilayah Tuban bagian selatan.

"Masyarakat juga diharapakan sigap dengan segera menghubungi pos Damkar dengan menghubungi 0356 321016 atau 0356327922 apabila mengetahui informasi kebakaran," pungkasnya. [rof/col]