DPRD Jatim Apresiasi Pemprov Gelar Wayang Kulit di Tuban

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka melestarikan budaya lokal, Pemerintah Propinsi yang diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur (Jatim) menggelar pergelaran apresiasi wayang kulit, Sabtu malam (2/12/2017). Pagelaran sekaligus hiburan rakyat semalam suntuk itu digelar di lapangan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jatim.

Wayangan yang dipandang sebagai pergelaran seni budaya itu menampilkan dalang ki Rudi Gareng. Sedangkan untuk menghibur masyarakat pesisir Tuban itu, Dalang potensial asal Kabupaten Blitar tersebut membawakan lakon Bima Brengkes.

"Selainkan menampilkan dalang kondang asli Jatim, kita juga persembahkan bintang tamu kondang Joklitik, Joklutuk, dan Lusi," kata Kepala Disbudpar Jatim, Jarianto, Sabtu malam.

Sementara itu, anggota DPRD Jatim Dapil IX (Tuban-Bojonegoro), Khozanah Hidayati yang turut hadir mengungkapkan, dengan adanya kegiatan wayangan ini sama halnya kita melestarikan kebudayaan Indonesia. Sebab banyak sekali nilai kehidupan yang terangkat dalam cerita wayang dan bisa diambil untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya secara pribadi sangat berterima kasih kepada Disbudpar Jatim yang sudah memberikan hiburan edukasi kepada masayarakat Jenu. Sebab dari situ kita bisa belajar nilai-nilai kehidupan," pungkasnya.

Dari pantauan blokTuban.com, kegiatan tersebut juga tampak dihadiri stakeholder Kabupaten Tuban dan juga anggota DPRD Propinsi Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Wayanganpun berlangsung meriah dengan bukti penonton yang berjubel memenuhi lapangan. [rof/ito]