Ujian dan Pengumuman Seleksi Perangkat Desa Dilaksanakan Satu Hari?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengumuman hasil ujian perangkat desa serentak di Kabupaten Tuban dijadwalkan bersamaan usai tes tulis. Setelah semua naskah ujian dikoreksi dan diberikan nilai setiap mata ujiannya, kemudian tim pengangkatan perangkat desa memasukkan nilai tersebut pada lembar pengumuman untuk diumumkan pada saat itu.

"Pengumuman hasil ujian akan dituangkan dalam berita acara pelaksanaan dan pemeriksaan jawaban ujian tulis untuk dilaporkan kepada kepala desa pada hari itu juga," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana di buku panduan pengangkatan perangkat desa tahun 2017.

Dijelaskan Sekda, nilai akhir untuk calon sekretaris desa adalah penjumlahan hasil nilai ujian tulis dan nilai ujian praktek operasional komputer. Setelah pengisian lembar pengumuman dan pengisian berita acara hasil pemeriksaan jawaban dilaksanakan selanjutnya naskah ujian tulis dan praktek, serta kunci jawaban dimasukkan kedalam amplop yang telah disediakan dengan ketentuan jumlah naskah yang dikembalikan.

"Naskah, hasil, dan kunci jawaban yang dimasukkan kedalam amplop adalah sama dengan jumlah yang diterima, kemudian ditutup dengan alat atau segel yang telah ditentukan," imbuhnya panjang lebar.

Amplop yang berisi ketiga dokumen tersebut, lanjut Sekda, diserahkan oleh tim pengangkatan perangkat desa kepada tim pengawas dan dituangkan dalam berita acara. Selanjutnya diserahkan kepada tim kabupaten. "Naskah ujian dimaksud sebagai dokumen otentik pengisian perangkat," pungkas Sekda menandaskan. [rof/ito]