Tim 'Kami Peduli' Antar Warga Operasi Katarak di Kediri

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim 'Kami Peduli' Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban kembali tergerak untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial, Kamis (30/11/2017).

Kali ini, mereka yang terdiri dari Karang Taruna, Babinsa dan Babinkamtibmas tersebut bukan melaksanakan kegiatan bakti sosial bagi-bagi sembako seperti agenda rutin bulanan mereka. Melainkan, kegiatan bakti sosial kali ini adalah mengantarkan dan mengawal Duraji (80) warga Dusun Koro, Desa Pongpongan yang mengidap penyakit katarak dan tergolong tidak mampu, untuk melakukan operasi katarak yang diadakan Kodim 0811/Tuban dalam rangka Hari Juang Kartika di Kabupaten Kediri.

Menurut Bhabinsa desa setempat, Serda Eko Rudianto, operasi katarak di Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Kabupaten Kediri ini, merupakan kegiatan Kodim 0811/Tuban dalam rangka Hari Juang Kartika.

"Duraji merupakan salah satu peserta operasi, dia juga merupakan salah satu warga di Desa Pongpongan yang tergolong tidak mampu. Sehingga saya beserta tim kami peduli ikut mengantarkanya hingga operasi selesai," ujar Serda Eko.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Pongpongan, Muhammad Arifin mengaku, Duraji ini merupakan salah satu warga yang tidak mampu dan merupakan penerima sembako yang setiap bulan tim 'kami peduli' bagikan.

Arifin menambahkan, sebelum diputuskan untuk mengikuti operasi katarak di Kediri. Duraji sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan di RSUD Koesma Tuban, namun pihak RSUD harus memastikan kondisi Duraji sehat sebelum melakukan operasi.

"Kami sudah mengantarkan beberapa kali Duraji ke Puskesmas dan RSUD Tuban. Namun belum ada tindakan untuk melakukan operasi penyakitnya. Sehingga kami dan keluarganya memutuskan untuk mengikuti program operasi katarak dari TNI," terang Arif di Posko Kami Peduli. [hud/rom]