Ada Naskah Cadangan Ujian Perangkat Desa?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana menyebut, setiap kecamatan akan disediakan naskah cadangan untuk ujian perangkat desa. Naskah tersebut dijamin keamanannya lantaran terbungkus dalam amplop sendiri dan tersegel serta dibawa oleh Tim Kabupaten.

Menurut Sekda, naskah cadangan hanya digunakan untuk mengganti naskah yang kurang atau rusak akibat kesalahan cetak atau teknis dari Tim Kabupaten. Penggantian naskah yang rusak dituangkan dalam Berita Acara.

"Naskah yang rusak dimasukkan ke dalam amplop yang telah disediakan. Apabila terdapat naskah yang rusak atau sobek karena kesalahan panitia atau peserta tidak dapat diganti," ulas Sekda dalam buku panduan yang diterima blokTuban.com.

Setelah ujian tulis selesai, lanjut dia, Tim Pengangkatan menutup identitas peserta dengan men-staples di tempat yang telah ditentukan. Kemudian tim meletakkan naskah ujian dimaksud pada tempat yang telah ditentukan.

Pihaknya menegaskan, Tim Pengangkatan perangkat desa dilarang memeriksa ataupun membaca naskah ujian sebelum waktu pengoreksian jawaban.

Tim Pengangkatan menghimpun naskah ujian berdasarkan jenis lowongan Perangkat Desa dan dikumpulkan di tempat yang
telah ditentukan untuk masing-masing desa.

"Tempat tersebut adalah tempat yang terbuka yang dapat dilihat oleh peserta. Selanjutnya dilaksanakan ujian praktek operasional komputer, khusus bagi lowongan jabatan Sekretaris Desa," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]