Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Soal yang akan digunakan untuk tes perangkat desa dipastikan tidak melalui pihak ke tiga. Pemkab Tuban akan membuat soal tes perangkat itu sendiri dengan membentuk tim khusus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tuban, Mahmudi, mengatakan untuk soal tes perangkat desa Pemkab tidak akan menggandeng pihak ke tiga. Pemkab akan membentuk tim khusus meliputi dinas lain, dalam pembuatan soalnya dan tentu akan dijamin kerahasiaannya.

"Soal akan dikerjakan sendiri, kita tidak menggandeng pihak ke tiga," ujar Mahmudi beberapa waktu lalu.

Mahmudi menambahkan, saat ini soal juga belum dibuat oleh pihak dinas terkait, mengingat waktunya juga masih cukup lama untuk memasuki tes tulis tersebut. Namun, pihak dinas menyatakan sudah mempersiapkan materinya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana menerangkan, penyerahan naskah ujian oleh tim kabupaten kepada camat, selaku ketua tim pengawas pada waktu ujian. Naskah ujian dalam keadaan terbungkus dalam amplop dan tersegel dengan jumlah yang sama dengan peserta.

"Dalam penyerahan tersebut ditunjukkan kepada peserta bahwa amplop masih dalam kondisi tersegel," tegas Budi.

Lanjut dia, camat menyerahkan naskah ujian kepada ketua tim pengangkatan sesuai kebutuhan naskah untuk desa masing-masing dalam keadaan terbungkus dalam amplop yang tersegel dan dituangkan dalam berita acara.

Setelah itu, tim pengangkatan membuka naskah ujian dan dibagikan kepada peserta masing-masing desa dalam keadaan terbalik . "Setelah semua peserta mendapatkan naskah ujian, baru peserta ujian tulis mulai mengerjakan soal," pungkas Budi. [rof/ito]