Lomba Sinergitas, Pacu Camat Lebih Inovatif

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pada hari ini, Senin (6/11/2017) kecamatan Bangilan kedatangan tim penilai sinergitas kinerga kecamatan tahun 2017 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Penilaian tahap ke III ini merupakan penilaian tahap akhir untuk menentukan juara satu hingga harapan dua kecamatan terbaik tingkat Jatim.

Bertempat di pendopo Kecamatan Cimanggis acara yang dimulai sekitar 12.30 WIB diawali dengan penyambutan kedatangan tim penilai dengan kesenian drum band dari salah satu pondok pesantren di Bangilan, yaitu KMI Assalam. Adapun tim penilai diketuai oleh Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan, Skretariat Pemprov Jatim, Dwi Mardiana.

"Kami sangat mengapresiasi atas keramahan yang diberikan kepada kami selaku tim penilaian sinergitas kinerja kecamatan tingkat Provinsi Jatim," ungkap ketua kelompok penilai ketika mengawali sambutannya di hadapan Ulama, Forkopimka, UPTD, Tokoh Masyarakat, dan tokoh perempuan.

Dijelaskan tim, aspek yang dinilai merupakan aspek kemampuan dan kapasitas camat dalam kepemimpinannya di wilayah. Yang tidak kalah pentingnya adalah aspek inovasi pelayanan masyarakat, sarana dan prasarana kecamatan, kepantasan pelayanan fisik dan non fisik serta tata ruang kecamatan secara keseluruhan dan lintas sektor.

Lebih jauh, tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja ini, untuk mengevaluasi kinerja camat selama setahun kebelakang dalam mengabil kebijakan. Semuanya itu, yang dilakukan adanya pembuktian secara langasung di lapangan dalam rangka penilaian faktual sesuai yang di ajukan camat.

"Maksud dan tujuan utama, untuk melihat kondisi faktual di lapangan mengenai layanan dan inovasi tahun sebelumnya, yaitu 2016," ulas tim penilai panjang lebar.

Dengan adanya lomba ini, pihaknya juga berharap camat lebih memacu inovasi. Sehingga muncul rekomendasi kepada pemda agar dapat mendorong camat untuk mewujudkan itu semua.

"Sekali lagi, lomba ini dalam rangaka mengukur kinerja camat, guna menstimulasi kreatifitas dan inovasi camat," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]