Gedung Lima Lantai RSUD akan Dilengkapi UPS. Apa itu?

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. R. Koesma Tuban, terbilang cukup mewah.

Gedung baru yang kini dalam progres pembangunan itu berada tepat di muka jalan, sehingga terlihat sangat tinggi layaknya apartemen.

Berdasarkan rencana, pembangunan gedung lima lantai itu terdapat 50 kamar bertaraf Very Important Person (VIP), dengan fasilitas terdapat sistem uninterruptible power supply (UPS).

UPS adalah perangkat yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, yang dapat memberikan suplai daya sehingga tidak terganggu perangkat elektronik yang terpasang.

"Kita kemarin sudah sidak pada pembangunan RSUD Dr. R. Koesma, kita tanya fasilitas teknologinya, ternyata menggunakan UPS," kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Tuban, Tri Astuti, Rabu (11/10/2017).

Selain menggunakan sistem teknologi UPS. Rumah sakit berplat merah ini juga memiliki jalur emergency, apabila terdapat suatu kejadian yang tidak diinginkan, semisal kebakaran.

"Ada jalur evakuasinya apabila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, itu sudah diatur sedemikian rupa untuk pasien," pungkasnya.

Saat ini, progres pembangunan rumah sakit tersebut sudah mencapai prosentase 65 persen dari jumlah keseluruhan. Sesuai jadwal, pengerjaan akan rampung akhir Desember mendatang. [nok/rom]