Gang Dondong, Kampung yang Kumuh Jadi Green and Clean

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berawal dari jimpitan kecil atau iuran dari sebuah pos yang berada di RT setempat, serta kesadaran para warganya. RT.2 RW.8 Gang Dondong, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menjadi penyabet juara Kampung Indah Berseri dan Green and Clean tingkat Kabupaten Tuban.

Menurut keterangan Ketua RT setempat, Wahyono, perubahan warga setempat terhadap keasrian lingkungan tersebut berawal ketika tahun 2012. Di tahap awal itu, RT setempat masuk dalam 5 besar lomba Kampung Indah Berseri (KIB) di tingkat Kabupaten Tuban.

"Tahun 2012 perlombaan Kampung Indah Berseri tingkat Kabupaten masuk 5 besar dan lomba Green and Clean 2017 menyabet juara 1," ungkap Ketua RT.2 RW.8, Wahyono.

Saat ditemui blokTuban.com, Wahyono menceritakan sebelum warganya tergerak untuk peduli terhadap lingkungan, dapat dikatakan lingkungan RTnya tersebut kumuh, namun berkat kesadaran saat ini masyarakatnya sangat kompak, dari jumlah 48 Kepala Keluarga (KK) sekarang dimasing-masing depan rumah maupun di pinggir-pingir gang kecil terdapat tanaman sayuran, tanaman hias dan tanaman buah.

"Dulu dapat dikatakan RT kami kumuh, tapi sekarang semua rumah bersih dan berjajar rapi tanaman-tanaman," ceritanya.

Wahyono menambahkan, sesuai dengan kesepakatan bersama antara Dinas Pariwisata Tuban, Camat Semanding serta tokoh masyarakat setempat, kini RT yang dipimpinya tersebut berjuluk "Kidung Keblak" yang mengandung arti nyayian, harapan dan seruan atau ajakkan untuk selalu berbenah tidak cukup dengan yang sudah ada namun selalu bergerak untuk berbenah agar lebih baik lagi.

"Kemarin dari kesepakatan bersama antara Dinas, Camat dan Tokoh dari RT setempat, RT/2 RW/8 berjuluk Kidung Keblak," pungkasnya.[hud/ito]