Sambut Tahun Baru Dengan Bersih-bersih Pantai

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - 1 Muharam 1439 Hijriah atau tahun baru islam, diperingati kelompok anak muda pecinta lingkungan di Tuban dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini dilakukan di kawasan pantai sepanjang Gerdu Laut, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kamis (21/9/2017) pagi, bertepatan dengan hari pergantian tahun baru islam.

Para pemuda tampak aktif membersihkan sampah yang berserakan di pantai. Selain itu, juga terdapat sampah yang telah terkubur pasir, hingga cukup alot saat sampah diambil.

Menurut salah satu peserta, Isna Khoirunisa (22), kegiatan bersih-bersih pantai ini adalah untuk menyambut pergantian tahun baru islam 1439 Hijriah. Diharapkan, setelah adanya kegiatan bersih-bersih pantai, masyarakat bisa turut aktif menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar, hingga terwujud alam yang bersih.

"Bersih-bersih ini untuk menyambut pergantian tahun baru islam, semoga masyarakat juga berperan aktif menjaga lingkungan," ujar peserta asal Desa Beji, Kecamatan Jenu kepada blokTuban.com.

Hal sama juga disampaikan peserta asal Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Yudi Kisnandi. Dalam menyambut pergantian tahun baru islam ini, kelompok pecinta lingkungan memang melakukan bersih-bersih pantai agar pantai tetap lestari.

"Untuk menyambut pergantian tahun baru islam, jadi kita lakukan bersih-bersih pantai," pungkasnya. [nok/rom]