Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Tuban Rutin Tes Urin

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Prajurit dan PNS Kodim 0811/Tuban, Jawa Timur menunjukkan komitmennya dalam memberantas penyalahgunaan Narkoba jenis apapun. Hal itu dibuktikan dengan diyatakannya 70 TNI bebas narkoba oleh Pos Kesehatan (Poskes) 05.10.07 Tuban.

Pasi Intel Lettu Arh Ali Mubdi, mengatakan tes urine yang menyasar semua anggota militer dan PNS di lingkungan Kodim 0811 Tuban telah dilakukan secara rutin. Apabila terdapat anggota yang positif menggunakan obat-obatan terlarang, sanksinya ditindak tegas sampai pemecatan.

"Tes urine yang menyasar semua anggota militer dan PNS di lingkungan Kodim 0811 ini dilakukan secara rutin. Sebanyak 70 TNI diyatakan bebas narkoba oleh Poskes 05.10.07 Tuban," ungkap Ali Mubdi, di Makodim, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban, Kamis (21/9/2017).

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran Narkoba pada anggota. Pihaknya menegaskan, kegiatan ini sebelumnya tanpa ada pemberitahuan, sehingga tak satupun anggota yang bisa lolos.

"Hasil tes tidak ada indikasi maupun penggunaan obat terlarang," ulasnya panjang lebar.

Sepanjang melalukan tes urine, Ali Mubdi mengaku belum menemukan anggota terlibat Narkoba. Prestasi ini membuktikan semua anggota TNI cinta tanah air, dan siap menjaga NKRI.

"Harapan kami kegiatan positif ini hasilnya dapat maksimal. Sekaligus tidak ada rekayasa. Sebab, jika terbukti menggunakan Narkoba, bakal langsung dipecat," tegas pria berbadan tegap itu.

Pada kesempatan yang sama, pihak Poskes 05.10.07 Tuban, Pelda Agung Budiono, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada anggota TNI di jajaran Kodim 0811 Tuban. Pihaknya menyatakan seluruh jajaran selama ini tertib menjalankan tes urine dengan baik.

"Seluruh prajurit dan PNS Kodim Tuban memang berkomitmen dalam memberantas penyalahgunaan Narkoba jenis apapun. Itu terbukti dengan hasil yang negatif," pungkasnya mengakhiri wawancara. [rof/rom]