Pramoedya Diusulkan Akan Jadi Nama Jalan di Blora

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Jalan menuju rumah sastrawan besar, Pramoedya Ananta Toer di Kelurahan Jetis, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, diproyeksikan bisa diberi nama sesuai dengan nama sastrawan tersebut. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, kepada sejumlah perwakilan media di Jawa Timur dan Jawa Tengah ketika melakukan kunjungan ke Blora pada 19-20 September 2017 kemarin.

“Yang sedang kami usulkan sekarang kalau jalan menuju rumahnya diberi nama Jalan Pramoedya Ananta Toer,” kata Arief, ketika melakukan tanya jawab di sentral kerajinan keramik Blora, termasuk dengan blokTuban.com.

Arief menjelaskan, Pemkab Blora sadar betul kalau Pram adalah nama besar di dunia sastra yang bisa dibanggakan. Untuk itu perlu dikenang, salah satunya dengan penamaan jalan menggunakan namanya.

“Pram adalah sastrawan tidak hanya kebanggaan warga Blora, tapi juga Indonesia dan dikagumi sastrawan internasional,” katanya.

Rumah masa kecil Pram di Blora saat ini dibuat Perpustakaan Pataba (Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa), yang dikelola adiknya Soesilo Toer. Selain penggunaan jalan dengan nama Pram, Pemkab Blora juga mengharapkan tempat itu bisa dikelola dengan baik dan menjadi salah satu wisata edukasi. [pur/rom]

*Foto kepala perwakilan SKK Migas Jabanusa Aly Masyhar bersama Wakil Bupati Blora Arif Rohman.