Desa Jetak dan Guwoterus Bentuk BUMDes Bersama

Reporter: Khoirul Huda

bloktuban.com - Guna untuk membangun kawasan pedesaan dan pemerataan kapasitas ekonomi di kawasan desa. Desa Jetak dan Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama, Sabtu (9/9/2017).

Pembentukan BUMDesa bersama yang diselenggarakan di Balai Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban tersebut turut dihadiri dari perwakilan Kemendes, Pendamping Ahli Kabupaten, Camat, serta dari Pemdes kedua desa.

Pendamping Ahli Kabupaten, Harun Prasetiya mengatakan, sebelum dibentuk BUMDes ini kedua desa tersebut telah bekerja sama di Usaha Bersama Komunitas (UBK) yang berbasis konveksi. Sehingga untuk mewadahi UBK tersebut dibentuklah BUMDes.

"Setelah dibentuknya BUMDesa ini, kegiatan dibidang konveksi yang telah berjalan melalui UBK tersebut akan menjadi unit usaha BUMDesa bersama," kata Harun kepada blokTuban.com.

Menurut Harun, dalam pembentukkan BUMDesa bersama ini, bisa berasal dari desa yang mempunyai BUMDes terlebih dahulu. Melainkan apabila mempunyai kesamaan potensi antar desa maka bisa membentuk BUMDes bersama.

"Mekanisme pembentukan BUMDes bersama ada tiga Pendirian, penggabungan dan peleburan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jetak M. Zuhri Ali berharap, terbentuknya BUMDes bersama ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan di bidang konveksi, serta mampu meningkatkan perekonomian di tingkat desa.

"Diharapkan ke depan setiap desa membentuk BUMDes dan dan kemudian bekerja sama dengan desa lainya menjadi BUMDes bersama. Sehingga perekonomian desa meningkat dan masyarakat sejahtera," harapnya.[hud/ito]