4 Ribu Lebih Warga Sudah Parkir Berlangganan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pekan pertama penerapan parkir berlangganan di Kabupaten Tuban, sedikitnya sudah ada sekitar 4.200 warga yang memanfaatkan sistem ini. Diketahui, parkir berlangganan di Tuban efektif diberlakukan sejak 2 September 2017 kemarin.

Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah. Karena sistem pendaftaran langganan parkir dilakukan ketika warga mengurus pajak tahunan kendaraan bermotor, khusus untuk langganan parkir roda dua dikenai biaya sebesar Rp20 ribu pertahun, dan buat kendaraan roda empat dikenai biaya Rp60 ribu.

"Setelah membayar itu parkir gratis di tepi jalan umum," terang Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Muji Slamet, Sabtu (9/9/2017).

Di Tuban, saat ini ada 300 ribu kendaraan roda dua dan 100 ribu jenis kendaraan selain roda dua. Pada akhirnya semua akan terdata parkir berlangganan ketika mengurus pajak kendaraan.

"Kita berharap parkir berlangganan efektif meningkatkan pendapatan daerah dengan potensi Rp10 miliar, melihat jumlah kendaraan yang ada di Tuban," kata Muji.

Saat ini, perhari ada 600 sampai 700 orang yang mendaftar di parkir berlangganan. Itu adalah jumlah wajib pajak yang mengurus pajak kendaraan di Kantor Samsat Tuban. [hud/rom]