Komunitas Tuban Kibarkan Bendera Sepanjang 72 Meter

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Berbagai cara dilakukan dalam memperingatai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72. Seperti melakukan upacara pengibaran bendera raksasa sepanjang 72 meter yang dilakukan oleh gabungan Komunitas di Tuban, Kamis (17/8/2017), sekitar pukul 09.00 WIB.

Bendera raksasa itu dibentangkan pada tebing yang berada di Desa Dempel, Kecamatan Plumpang, oleh anggota pasukan pengibar bendera dari tim vertical rescue berjumlah 9 orang.

Dari atas ketinggian tebing, anggota paskibra tampak bergelantung untuk menata bendera agar bisa terbentang dengan baik.

Menurut salah seorang paskibraka, Septa, pengibaran bendera sepanjang 72 meter ini memiliki arti filosofis dalam perayaan HUT RI kali ini. Sebab, pada peringatan kemerdekaan RI sekarang, usia bangsa ini juga menginjak 72 tahun.

"Jadi kita samakan panjang bendera dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia, yang saat ini sudah menginjak usia 72 tahun," kata Septa usai mengibarkan bendera.

Hal sama juga disampaikan Insepktur upacara, Khoirul Ulum, memang pada pengibaran bendera raksasa ini disepakati panjangnya 72 meter dan tinggi sekitar 6 meter. Bendera tersebut dibentangkan pada tebing yang tinggi, sehingga terkesan menempel dan tampak terlihat panjang.

"Secara filosofisnya ada kaitannya dengan kemerdekaan bangsa Indonesia yang kini menginjak 72 tahun, oleh karenanya dibuatkan bendera sepanjang 72 meter," pungkas pria penghobi trail itu.

Dalam upacara pengibaran bendera raksasa tersebut, hadir puluhan komunitas yang ikut menyemarakkan, seperti komunitas pecinta alam, komunitas media sosial, komunitas trail, dan beberapa komunitas lainnya yang ada di Bumi Wali. [nok/rom]