Pihak Keluarga Kirim Surat Pernyataan Ke Forkopimka

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Setelah menimbulkan sedikit polemik, akhirnya Keluarga Kepala Desa (Kades) Sidorejo yang diberhentikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menerima dengan legowo. Hal itu dibuktikan dengan adanya surat pernyataan orang tua Kades, Hadi Kismanto yang dikirim ke Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka).

"Keluarga yang bersangkutan (Kades yang diberhentikan, red) sudah menerima keputusan Pemkab dengan bukti surat pernyataan yang ditandatangani Ismoyo, ayahnya Kades," ujar Camat Kenduruan, Hendro Basuki saat ditemui blokTuban.com di Balai Desa Sidorejo, Kamis (10/8/2017).

Kendati begitu, untuk menjaga keamanan dan ketertiban desa, Kepolisian Sektor (Polsek) Kenduruan dan TNI dari Koramil setempat tetap disiagakan di desa. Sebab sebelumnya, pihak mantan Kades ingin mendengarkan klarifikasi pemberhentian dengan menghadirkan BPD dan Forkopimka Kenduruan.

"Sebenarnya kehadiran kami beserta Danramil dan Kapolsek sesuai permintaan pihak mantan Kades. Namun tadi pagi pihak keluarga menyatakan menerima," sambung Camat asal Parengan itu.

Dengan sikap kedewasaan pihak mantan Kades, Camat mengapresiasi setinggi-tingginya. Sebab dengan keputusan pihak keluarga tersebut, suasana desa kembali kondusif dan masyarakat tidak lagi khawatir.

"Saya sungguh menghargai keputusan keluarga, sebab inilah bentuk kedewasaan yang sejati," pungkas Camat.

Sementara itu, kitika berusaha dikonfirmasi blokTuban.com, pihak keluarga mantan Kades tidak ada di lokasi pertemuan. Sebab mereka sudah menerima segala keputusan pihak pemerintah.

Diberitakan sebelumnya, jabatan Kepala De Sidorejo, Kecamatan Kenduruan yang dipegang Hadi Kismanto resmi dicopot pasca ditemukannya beberapa tindakan penyimpangan. Hal itu tertuang dalam petikan surat keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Nomor 140/4014/414.106/2017 tertanggal 31 Juli 2017.

Sejak turunnya putusan tersebut, maka Kades Sidorejo resmi berhenti dari jabatannya dan digantikan seorang Penanggung Jawab (Pj). Pengambilan sumpahpun dilakukan pada Sabtu, (5/8/2017) kemarin. Maka, saat ini Desa Sidorejo resmi dipimpin Pj kades dari Kasi Pemerintahan Kecamatan Kenduruan, Ngasirun. [rof/ito]