Hampir Setiap Hari Dinas Sosial Rujuk ODGJ ke RS Menur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hampir setiap hari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban merujuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya.

Hal itu disampaikan oleh salah satu Staf Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tuban, Bambang Eko Suratno.

Saat ditemui blokTuban.com, ia mengatakan hampir setiap hari merujuk ODGJ ke RS Menur Surabaya. "Hampir setiap hari kami merujuk ODGJ ke RS Menur, baik secara terencana maupun mendadak," kata Bambang kepada blokTuban.com.

Ia menjelaskan, untuk di Tuban saat ini hanya ada tempat untuk singgah sementara, yakni untuk menampung ODGJ yang tidak memungkinkan apabila langsung dibawa ke RS Menur. Sehingga ditempatkan di rumah singgah dahulu baru dirujuk ke RS Menur.

"Setiap kali ada laporan dari warga, terus kami lakukan penjemputan, lalu kami rujuk ke RS Menur. Apabila sudah ingat dengan alamatnya baru kami antarkan sampai ke rumahnya," pungkasnya.[hud/col]