Presiden RI Perintahkan KLHS Kaji Ekosistem Kendeng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pembentukan Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), khusus di Pegunungan Kendeng yang membentang di Provinsi Jatim dan Jateng merupakan perintah dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo. 

Hal itu, menyusul adanya isu-isu soal Pabrik Semen dan isu-isu polemik yang lainya. Sehingga, agar tidak salah dalam mengelola ekosistem pegunungan kendeng berkelanjuta maka dilakukan lah KLHS khusus kawasan Kendeng.

"Dengan KLHS  khusus kawasan Kendeng ini akan memperoleh win-win solution, tanpa membela pabrik semen dan tanpa mrngabaikan masyarakat," kata Chay Asdak Tim Penyusun KLHS Kendeng, Senin (31/7/2017).

Masih kata Chay, menurutnya mengapa Presiden RI memerintahkan KLHS Kendeng? Sebenarnya, ini adalah permintaan masyarakat karena adanya potensi konflik atau gesekan terkait pemanfaatan pegunungan Kendeng. Baik untuk pertanian, pertambangan, produksi semen, maupun yang lain.

"Maka dengan dilaksanakannya KLHS ini, diharapkan akan memperoleh gambaran penyelesaian yang menyeluruh," pungkasnya.[hud/col]