ABT Mangkrak, Ini Penjelasan Dinas PUPR Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terkait mangkraknya pengadaan sarana prasarana air bersih dan Air Bawah Tanah (ABT) di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten Tuban Kholiq Qunasich, menjelaskan bahwa sarana prasarana air bersih dan Air Bawah Tanah (ABT) dengan menggunakan APBD 2015 itu sudah selesai dibangun. Namun setelah dibangun, sarana prasarana air bersih itu dites, lalu warga sekitar keberatan

"Setelah dites warga setempat keberatan mas," ungkap Kepala PUPR Kabupaten Tuban melalui sambungan telepon, Rabu (12/7/2017).

Lanjut Kholiq, warga keberatan karena usai dilakukan uji coba, sumur pribadi milik warga surut. "Warga sekitar keberatan apabila pengadaan sarana prasarana air bersih dan Air Bawah Tanah (ABT) dilakukan di tempat itu," ungkap Kholiq.

Masih kata Kholiq, tahun ini rencananya akan dibuatkan sarana prasarana air bersih dan Air Bawah Tanah (ABT) dengan dana APBD 2017 di tempat yang baru, dan sudah dicek kelayakanya.

Sementara itu, salah satu warga sekitar sumur bor ABT yang keberatan yakni, Sunadi warga RT:4/RW:1 Desa Sukorejo mengaku keberatan apabila sumur bornya di bangun di sekitar, pasalnya air sumur milik warga surut drastis.

"Saat diuji coba, sumur pribadi milik warga sekitar bor surut, bahkan sampai habis, sehingga kami keberatan," ujarnya.[hud/col]