Sehari, Dua Petani Tuban Mati Mendadak

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam sehari, Rabu (12/7/2017), dua petani Tuban meninggal secara mendadak di sawahnya. Satu orang meninggal diduga mengidap penyakit darah tinggi, sedangkan satu orang lagi meninggal akibat serangan jantung.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pada pagi hari sekitar pukul 08.15 Wib, petani asal Dusun Krajan, Desa Talun, Kecamatan Montong bernama Kusman (47) meninggal dunia saat membersihkan rumput di lahan jagung miliknya. Menurut keluarga korban, Kusman kecapekan dan terjatuh.

"Ketika aktivitas di sawahnya terjatuh, kemudian meregang nyawa saat itu juga," terang Kapolsek Montong, AKP. Noer Sento kepada blokTuban.com, Rabu (12/7/2017).

Berselang tidak kurang lima jam, tepatnya pukul 13.00 berita kematian diterima wartawan media ini dari Polsek Bangilan. Dalam keterangan tertulis pihak Polsek, petani bernama Ramin (55), ditemukan tak bernyawa di pematang sawah yang tidak jauh dari rumahnya.

Menurut Kaposek Bangilan, IPTU Suryanto, petani asal Desa Ngrojo itu pamit meninggalkan rumah sekitar pukul 11.30 WIB. Ketika pamit kepada istrinya, korban bermaksud mencari pakan ternak jerami kering.

Kemudian tidak lama, korban ditemukan meninggal dunia oleh tetangganya sendiri bernama Muhadi (55). Pada saat itu, kebetulan juga berada di sawah yang tidak jauh dari lokasi penemuan mayat.

"Muhadi melihat korban dalm posisi terlentang di pematang sawah. Korban dikira tertidur di dekat sepeda motornya yang telah bermuatan jerami kering," papar Perwira Polri itu.

Setelah dipanggil beberapa kali, korban tidak menjawab. Kemudian Muhadi, saksi mata pertama kali itu mendekat dan membangunkan Ramin. Namun suami Kasmiati tidak kunjung bangun.

Karena panik, saksi mata memanggil rekannya sesama petani untuk meyakinkan korban benar-benar meninggal atau hanya pingsan. Setelah mencoba diteliti ternyata tanda kehidupan sudah tidak ada di tubuh Ramin.

"Setelah dilakukan pemeriksaan medis, tidak ditemukan adanya tanda penganiayaan. Sementara menurut keterangan dari Istri korban serta keluarga, almarhum memiliki riwayat penyakit jantung," pungkasnya. [rof/rom]