Dari 311 Desa, Baru 52 Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dari 311 desa di Kabupaten Tuban, sedikitnya baru terdapat sekitar 52 desa yang telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, Rofi'ul Masyhudi. Menurutnya, meski telah dianggarkan dalam APBDes, namun desa di Kabupaten Tuban yang telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan masih sedikit.

"Dari 311 desa di Bumi Wali, kondisi saat ini baru sekitar 52 desa yang telah terdaftar. Sehingga masih banyak yang belum terdaftar," kata Rofi'ul kepada blokTuban.com, usai sosialisasi di Kecamatan Kerek, Senin (10/7/2017).

Oleh karena itu, dengan sosialisasi yang terus dilakukan ini, diharapkan semua desa secepatnya terdaftar. Karena sudah seharusnya resiko dalam pekerjaan itu ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Target kita dengan dinas terkait, bulan Agustus sudah 100 persen desa di Kabupaten Tuban terdaftar. Setelah itu perangkat sudah tercover," kata Rofi'ul.

Diketahui, BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban menyelenggarakan empat program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (KJ), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun. [hud/rom]