Lomba Burung, Warnai HUT Bayangkara ke-71

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71, Kepolisian Sektor (Polsek) Semanding gelar lomba dan pameran burung berkicau. Kegiatan yang bertajuk Kapolsek Cup itu, berlangsung meriah di lapangan Barat Ketigo, Desa Perunggahan Wetan, Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, Minggu (9/7/2017).

Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo kepada blokTuban.com mengungkapkan, lomba dan pameran burung berkicau yang dimulai sejak pukul 10.30 WIB siang tadi, dibuka langsung oleh Wakapolres Tuban yang baru.

Menurut Perwira Polri itu, tujuan digelarnya kegiatan lomba burung berkicau dan pameran burung ini, untuk menjalin silaturohmi dan mempererat tali persaudraan sesama penggemar burung. Selain itu, guna menunjukkan rasa syukur di usia Bhayangkara yang lebih dari setengah abad mengabdi untuk Negeri ini.

"Kegiatan ini, merupakan upaya untuk melestarikan burung kicau yang nilai jualnya fantatis," terang Desis kepada wartawan bT, sebutan blokTuban.com, Minggu (9/7/2017).

Selain itu, adanya lomba burung kicau ini masyarakat, diharapkan tidak terpengaruh yang hal negatif. Untuk itu, pihaknya berpesan bagi semua peserta agar menjaga ketertiban dan mentaati semua yang diputuskan panitia.

"Bersyukur kegiatan tersebut tidak ada pelanggaran, peserta patuh dan taat aturan main dan lomba berjalan sesuai harapan," sambungnya.

Terpisah, Waka Polres Tuban, Kompol Kuswara memberi apresiasi atas terselenggaranya lomba burung, Kapolsek Cup yang pertama kali digelar ini. Sebab, antusias warga mengikuti perlombaan ini cukup tinggi.

"Pertama, terima kasih kami sampaikan kepada peserta lomba. Selanjutnya, apresiasi tinggi bagi Polsek Semanding yang telah memeriahkan HUT Bayangkara ke-71 ini," tutur Waka Polres yang menggantikan Kompol Arief Kristanto itu.

Polisi dengan pangkat satu melati di pundak itu menilai, kegiatan lomba burung sebagai pelestarian budaya yang kian berkembang. Dengan lomba kicau mania ini, pihaknya berharap lapisan masyarakat saling mendukung dan tetap menjaga kondusifitas.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, tampak hadir jajaran stakeholder untuk memberi support. Di antaranya, Wakapolres Tuban, Danramil 0811/03, Kapten Inf Mahmud, Bambang S. selaku sekcam Semanding, Kepala Desa Prunggahan Wetan, Hari Winarko, dan tokoh masyarakat setempat. [rof/ito]