Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Teriakan Supatin (37) warga Dusun Gemulung, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, membuat gempar warga, Kamis (22/6/2017). Supiatin berteriak karena melihat api berkobar di tempat penyimpanan jerami kering milik orang tuanya.

"Awalnya saya melihat asap,  tak kira mak e (Ibu) sedang memasak," kata Supatin.

Dia lantas memeriksa lebih detail. Baru sadar kandang penyimpanan pakan itu terbakar ketika api mulai berkobar. Apalagi, ibunya, Warni (54), sedang tidak menyalakan api, sementara ayahnya, Sukardi (55), tidak ada di rumah karena menarik becak.

"Api kemudian berkobar dan saya langsung berteriak meminta tolong, para tetangga langsung berdatangan ke sini," kata Supatin, yang sudah membuat rumah sendiri tepat di samping rumah orang tuanya.

Warga sekitar langsung melakukan pemadaman dengan peralatan sederhana. Sebagian menghubungi dan meminta bantuan PMK. Meskipun api sudah bisa dipadamkan ketika petugas sampai di lokasi, mereka tetap menyemprotkan air di sisa-sisa pembakaran buat melokalisir lokasi dan memastikan api benar-benar padam.

Darmi dan Sukadi, pemilik rumah itu awalnya tidak menyadari ada kebakaran di tempatnya. Beruntung ketika kejadian Supatin, anak bungsunya, sedang melintas di depan rumah.

"Saya itu tidak tahu karena sedang di dalam melipat baju, lha bapaknya juga tidak di rumah karena kerja," terang Darmi. [pur/col]