Kendalikan Sampah, Warga Weden Dirikan Bank Sampah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan warga di Desa Weden, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban diajak mengendalikan sampah rumah tangga, agar tidak mencemari lingkungan. Selain itu, sebagian sampah yang ada dikumpulkan agar dapat bernilai ekonomis. Sampah warga tidak terbuang sia-sia. Lingkungan pun jadi lebih nyaman, bersih, dan asri.

Adalah Bank Sampah Gotong Royong, gerakan baru yang lahir dari keprihatinan adanya pembuangan sampah di sungai.

Ketua kelompok bank sampah Gotong Royong, Masmutik menjelaskan, awal mula gagasan bank sampah sudah muncul dan disosialisasikan sejak tahun 2014. Kemudian, bisa terealisasi sejak bulan Desember tahun 2016.

"Tiga tahun yang lalu, sudah sering kita ajak masyarakat Weden peduli sampah, namun baru enam bulan ini bisa berjalan," tutur Masmutik saat ditemui usai memilah sampah, Senin (29/5/2017).

Di bank sampah, limbah rumah tangga warga ini dibuatkan Tabungan Bank Sampah (TBS). Setiap satu bulan, dua kali dilakukan penimbangan sampah. Hasilnya, dimasukkan sebagai saldo atau simpanan bentuk rupiah berdasarkan jumlah timbangan sampah.

Saat ini, lanjut dia, bank sampah Gotong Royong memiliki 4 pos penimbangan. Setiap pos berjumlah lebih dari 30 nasabah bank sampah.

Lanjut dia, tidak mudah menjalankan bank sampah. Kendala yang ia temui beragam di masyarakat.

Untuk menjalankan bank sampah, pihaknya bekerja bersama-sama dengan anggota penggerak PKK Desa Weden. Kebetulan, ibu tiga anak itu juga anggota tim penggerak PKK.

Seorang warga yang juga aktivis bank sampah, Lilik Humaidah mengaku manfaatnya luar biasa. Saat ini, sampah di lingkungannya mulai berkurang. Sungai pun kembali pada fungsinya, yang sebelumnya menjadi tong sampah.

"Sudah berjalan 6 bulan, lingkungan cukup bersih dari sampah. Soalnya masyarakat mulai sadar," ucap wanita humanis itu.

Adanya bank sampah menurut Lilik, dapat mendidik masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, hasil dari pengumpulan sampah bisa untuk tambahan penghasilan.

"Sangat bermanfaat sekali, ketika ada bank sampah Gotong Royong ini," pungkasnya. [rof/rom]