Komdis PSSI Jatim Beri Sanksi Pelatih Persibo

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTubancom - Asosiasi Provinsi  Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur, bereaksi atas insiden kericuhan yang terjadi saat Laga Liga III berlangsung, antara Persibo melawan Bumi Wali FC, di Stadion Letjend Soedirman Bojonegoro, Rabu lalu.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin menyatakan, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Jatim telah memberi sanksi kepada Pelatih Persibo  I Putu Gede yang telah melakukan pemukulan terhadap pemain Bumi Wali FC (BWFC) saat terjadi kericuhan.

Sanksi tak hanya diberikan kepada Pelatih Persibo, melainkan dua pemain dari kedua tim juga mendapat sanksi.
Dari pemain Persibo yaitu Ahmad Nuri Fasya dan pemain BWFC adalah Bayu Arfian.

"Ada tiga yang di sanksi atas laga kedua tim, Pelatih dan satu pemain Persibo, serta satu pemain BWFC," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (14/5/2017)

Mantan Aktivis GMNI itu menyebut, I Putu Gede terbukti melanggar pasal 57 kode disiplin PSSI, sehingga mendapat sanksi larangan mendampingi tim selama 3 kali pertandingan.

Sementara itu pemain Persibo, Ahmad Nuri Fasya dan pemain BWFC Bayu Arfian dijatuhi sanksi larangan bermain selama 2 kali pertandingan di luar kartu merah, karena terbukti melanggar pasal 47 huruf J jonto pasal 48 huruf D kode disiplin PSSI.

"Ketiganya mendapatkan sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Jatim berdasarkan laporan pengawas pertandingan, wasit, dan asisten wasit," paparnya.

Dia menambahkan, bagi kedua tim yang tidak puas atas sanksi yang diberikan bisa mengajukan banding dalam waktu 3 hari sejak diterima pemberitahuan putusan dan 7 hari setelah menyatakan banding untuk mengirimkan alasan alasan banding sebagai ketentuan pasal 118 s.d pasal 126 kode disiplin PSSI.

Pria yang berprofesi sebagai pengacara itu juga mengimbau, agar kedua tim tidak mengulang kesalahannya. Apabila terbukti kembali melakukan pelanggaran, maka akan mendapat sanksi lebih berat.

"Jika keduanya terbukti kembali melakukan pelanggaran, sanksi akan lebih berat," pungkasnya.

Diketahui pada laga kedua tim tersebut, Bumi Wali FC kalah atas tuan rumah Persibo Bojonegoro dengan Skor 1-0. [nok/col]