Pembagian Bantuan Non Tunai Tuban Selesai Juni Mendatang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pembagian bantuan non tunai yang dijalankan masing-masing koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) di bawah Kementerian Sosial (Kemensos) ditargetkan selesai pada Juni 2017 mendatang.

"Bantuan non tunai PKH akan diberikan pada 21.809 keluarga penerima manfaat, targetnya sebelum Lebaran ini," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nurjanah, Senin (22/5/2017).

Dari total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Tuban terdapat 42.091. Sementara pemberian bantuan non tunai masih terbatas pada sebagian KPM yang mencapai 21.809 yang artinya masih terdapat 20.282 KPM yang belum menerima layanan bantuan non tunai.

Hari ini, lanjutnya baru sekitar 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan non tunai tersebut. Bantuan tersebut berupa rekening tabungan dengan tiap keluarga menerima Rp500.000.

"Uang tersebut sebagai dana wajib yang diterima setiap tahunnya dengan nominal sama, yaitu Rp500.000," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan beberapa langkah dilakukan untuk memaksimalkan penyaluran bantuan non tunai tersebut. Terhitung sejak 5 Mei lalu, telah diluncurkan layanan gerak. Dimana layanan gerak tersebut dilakukan oleh perbankan terkait dan menteri sosial dengan mengandalkan Internasional Data Center (IDC) android.

"Kalau disweep (disapukan atau digesekkan) ke IDC sudah ada nomor rekeningnya," katanya.[dwi/col]