Nelayan Berharap Berkah dari Tradisi Sedekah Laut

Reporter: Moch. Sudarsono​

blokTuban.com - Sedekah laut, sebuah tradisi yang secara turun temurun terus dilakukan nelayan dari dulu hingga sekarang.

Mereka para nelayan percaya, bahwa tradisi dari leluhur itu membawa berkah bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Seperti yang dilakukan nelayan Kelurahan Karangsari Kecamatan/Kabupaten Tuban, Rabu (3/4/2017).

Ratusan nelayan beramai-ramai berlayar menuju tengah laut, dengan membawa miniatur perahu dan sesajen untuk dilepas.

Arak-arakan perahu tradisional dengan berbagai macam bendera berukuran besar mewarnai perairan laut sekitar. Aksi iringan​ perahu itupun menjadi tontonan yang menarik.

Seorang nelayan, Marwi Wagono mengatakan, masyarakat percaya dengan sedekah laut yang dilaksanakan sebagai bentuk wujud rasa syukur ini bisa membawa berkah, tentu dengan seizin sang pencipta.

Jadi sedekah laut hanya sebagai bentuk wujud rasa syukur saja, dan ini sudah menjadi tradisi bertahun-tahun lamanya.

"Kita tetap menjaga tradisi, dan kita berharap berkah dari Allah SWT," ujar pria yang juga sebagai ketua Panitia sedekah laut kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Lurah Karangsari, Heri Subagyo menyatakan hal senada. Bahwa kelestarian tradisi ini harus tetap dijaga. Tradisi sedekah laut tidak boleh luntur di era kemajuan seperti sekarang ini, jadi masyarakat nelayan harus menjaganya.

"Semoga keberkahan, kesehatan, keselamatan dan rizki senantiasa didapatkan para nelayan," pungkasnya. [nok/rom]