Sedekah Bumi Sendang Bekti, Libatkan Lima Desa

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sendang Bektiharjo yang terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban pagi ini riuh, Rabu (3/5/2017).

Ratusan penduduk yang berada di lima desa sekitar aliran sendang turut memadati kompleks Sendang Bektiharjo, diantaranya dari Desa Bektiharjo, Semanding, Prunggahan Kulon, Prunggahan Wetan dan Tegalagung.

Juru Kunci Sendang Bektiharjo, Hartono menjelaskan, penduduk yang menikmati aliran air Bektiharjo patut kiranya bersyukur melalui sedekah bumi ini. Sebab, air yang mereka manfaatkan selama ini hampir 90 persen dari sendang.

"Air ini baisanya mereka gunakan untuk mengairi sawah dan keperluan rumah tangga," kata Mbah Har, begitu sapaan karibnya.

Tujuan utamanya, lanjut Hartono, merupakan bentuk syukur atas apa yang diterima selama ini. Selain itu, dengan menggelar sedekah di lokasi Sendang Bektiharjo, menjadi salah satu cara melestarikan kebudayaan di Tuban.

"Setiap tahun ya seperti ini. Kami juga memberi nasi kepada kera dan ikan di area sendang," ujar salah seorang warga setempat, Rukmini.

Mereka masing-masing membawa makanan yang terdiri dari nasi, lauk, jajan tradisional dan sesaji. Tidak lupa dalam bungkusan daun pisang, mereka meletakkannya di pagar punden yang ditujukan untuk kera dan dilemparkan ke sumber air yang ditujukan untuk ikan. [dwi/rom]